Materi

Himpunan Bagian

Pelajaran ini mengajak siswa untuk menentukan banyaknya himpunan bagian dari suatu himpunan yang memiliki 2 anggota, 3 anggota, 4 anggota, dan seterusnya dengan menggunakan alat peraga. Kegiatan pada materi ini juga mengajak siswa untuk bermain kartu tebak tanggal lahir yang merupakan komponen Aplikasi (ELPSA). Harapannya nanti, agar siswa dapat menentukan banyaknya himpunan bagian dari suatu himpunan dan dapat menerapkannya himpunan bagian dalam masalah sehari-hari.

Segitiga dan Sisinya

Pelajaran ini mengajak siswa untuk menganalisis panjang sisi dari 12 segitiga. Harapannya siswa nantinya dapat menentukan apakah ketiga sisi dalam suatu segitiga tersebut sama panjang atau tidak. Setelah itu barulah mereka diminta untuk mengelompokkan 12 segitiga tersebut berdasarkan sifat dari panjang ketiga sisinya secara bersamaan. Kelompok yang terbentuk tersebut kemudian diberikan nama sesuai dengan sifatnya. Pada aktivitas ini, komponen ELPSA yang mendominasi diantaranya komponen Gambar (pictorial) dan Simbol (symbol).

Segitiga dan Sudutnya

Pelajaran ini mengajak siswa untuk menentukan jenis-jenis sudut yang terdapat dalam 12 macam segitiga. Pengetahuan tentang jenis-jenis sudut ini akan digunakan untuk menentukan jenis segitiga. Siswa diarahkan untuk dapat mengelompokkan 12 segitiga tersebut berdasarkan ketiga jenis sudutnya secara bersamaan. Kelompok yang terbentuk tersebut kemudian diberikan nama sesuai dengan sifat yang paling menonjol. Pada aktivitas ini, komponen ELPSA yang mendominasi diantaranya komponen pengalaman, bahasa, gambar, dan simbol.

Pita dan Tongkat

Pelajaran ini mengajak siswa untuk mengidentifikasi informasi yang terdapat pada gambar menjadi bentuk kalimat terbuka, yang memuat variable dan akhirnya membentuk suatu persamaan linear satu variable. Keberagaman jawaban siswa dalam membuat kalimat terbuka sangat diutamakan. Hal ini dimaksudkan untuk membiasakan siswa berinteraksi dengan gambar dan bernalar dalam menyusun suatu kalimat matematika terbuka. Komponen pengalaman (experience) dan Bahasa (language) mendominasi aktivitas belajar siswa.