Konsep Kesetimbangan dalam Persamaan Linier Satu Variabel

Agar lebih mudah memahami media ini, anda disarankan membaca Tab instuksi terlebih dahulu dengan cermat.

 

Melalui media ini anda dapat melakukan beberapa percobaan sederhana yang berkaitan dengan konsep "kesetimbangan".  Tentu kita semua tahu bahwa pada timbangan seperti ini keadaan setimbang diperoleh apabila kedua lengan timbangan (kiri dan kanan) berada pada ketinggian yang relatif sama.  Dengan kalimat lain bahwa salah satu lengan timbangan tidak condong kebawah atau sebaliknya.  Hal ini disebabkan karena berat objek yang berada di dalam wadah timbangan sisi kanan sama besar dengan sisi kiri.

Untuk melakukan beberapa percobaan sederhana, di dalam media disediakan beberapa objek untuk mendukung percobaan yang dimaksud antara lain: 3 kantong kertas (diasumsikan memiliki berat mendekati nol atau dapat diabaikan, serta beberapa keping kancing dengan dimensi dan berat yang sama.
Perlu diketahui bahwa 3 kantong kertas yang telah disediakan dalam media ini berada dalam keadaan terisi keping kancing, di mana banyaknya keping kancing dalam setiap kantong sama antara satu kantong dengan lainnya.  Namun anda tidak dapat melihat berapa banyak keping kancing di dalamnya.

Apabila anda memuat 1 keping kancing ke dalam wadah timbangan di sisi kanan, tentu kita tahu lengan timbangan sisi kanan akan condong ke bawah dan sebaliknya lengan timbangan sisi kiri akan condong ke atas.
Selanjutnya anda juga tentu tahu bahwa untuk membuat timbangan dalam keadaan setimbang dari kondisi seperti ini, maka anda dapat memuat 1 keping kancing lain ke dalam wadah timbangan di sisi kiri.

Petunjuk penggunaan media
Gunakan mouse untuk memindahkan objek yang diinginkan seperti kantong kertas atau keping kancing. Untuk melakukannya arahkan pointer berbentuk  ke suatu objek tertentu hingga bentuk pointer berubah menjadi . Selanjutnya klik dan geser objek ke lokasi yang diinginkan. Jika ingin mengulangi percobaan, reload/refresh halaman media timbangan PLSV ini ke keadaan semula dengan cara mengklik tombol reload/refresh pada browser anda.

Selama berada dalam halaman ini, anda dapat membuka 5 tab berbeda yaitu sebagai berikut.

1. Tab Aktivitas yang menampilkan media timbangan PLSV.

2. Tab Instruksi yang menyajikan penjelasan mengenai media timbangan PLSV secara umum, aktivitas-aktivitas yang dapat dilakukan dalam pemanfaatannya, serta penjelasan singkat mengenai penggunaan media.

3. Tab Eksplorasi yang menyajikan panduan beberapa percobaan sederhana dalam rangka eksplorasi media timbangan PLSV. Juga di dalamnya disajikan beberapa pertanyaan yang memungkinkan pengguna lebih memikirkan bagaimana sebuah pembelajaran PLSV dilakukan dengan memanfaatkan media timbangan PLSV ini.

4. Tab Sumber Terkait yang menyajikan link-link yang bersesuaian dengan pembelajaran PLSV.

5. Tab Cetak yang menyajikan halaman dalam mode cetak.

Anda dapat membuka Tab eksplorasi dan Tab Aktivitas secara bergantian untuk mendapatkan pengalaman nyata tentang bagaimana media ini dapat bekerja. Bergantian yang dimaksud dalam penjelasan ini dimaksudkan agar anda dapat segera mengalami secara langsung aktivitas yang ada di dalam Tab eksplorasi secara berurut.

Selain itu anda dapat menggunakan fasilitas pada Tab Cetak untuk mencetak penjelasan dalam Tab instruksi, eksplorasi termasuk tampilan media timbangan PLSV.

Semoga media timbangan PLSV ini memberi pengalaman dan ide bagi anda dalam mengembangkan pembelajaran PLSV.

Selamat mencoba!

Percobaan 1

Pindahkan 1 kantong kertas ke dalam wadah timbangan sisi kiri.  Perhatikan bahwa lengan timbangan sisi kiri akan condong ke bawah.
Tahukah anda berapa keping kancing yang berada dalam kantong kertas tersebut?  Anda belum tahu kan?

Selanjutnya cobalah memuat keping kancing ke dalam wadah timbangan sisi kanan. lakukan 1 demi 1 hingga membuat timbangan dalam keadaan setimbang.

Setelah timbangan dalam keadaan setimbang, jawablah beberapa pertanyaan berikut.

1. Dapatkah anda menyimpulkan berapa banyak keping kancing yang ada di dalam kantong kertas? jika dapat berapa kepingkah?
2. Apabila kantong kertas itu dimisalkan sebagai suatu variabel x, berapakah nilai dari x dalam percobaan ini?

Percobaan 2

Lakukan lagi percobaan dengan menggunakan lebih dari 1 kantong kertas (misal: 2 atau 3 kantong).  Setiap kali melakukan percobaan, jawablah pertanyaan yang sama seperti pada percobaan sebelumnya.

Percobaan 3

Pindahkan 1 atau 2 kantong kertas ke dalam wadah timbangan sisi kiri.  Selain Kantong kertas tersebut anda juga memuat beberapa keping kancing ke dalam wadah yang sama (sisi kiri).  Selanjutnya seperti pada percobaan sebelumya anda mengupayakan timbangan dalam keadaan setimbang dengan memuat beberapa keping kancing ke dalam wadah timbagan sisi kanan.

Setelah setimbang, jawablah 2 pertanyaan pada percobaan-percobaan sebelumnya.  

Dari percobaan 3 ini, apa yang dapat anda katakan mengenai aktivitas ini apabila dikaitkan dengan pembelajaran PLSV?  

Refleksi 

Anda telah melakukan beberapa percobaan sederhana menggunakan timbangan PLSV. Dalam setiap percobaan anda berusaha membuat timbangan dalam keadaan setimbang.
Berdasarkan semua ini buatlah sebuah penjelasan mengenai hubungan antara keadaan setimbang dalam percobaan ini dengan konsep persamaan linier satu variabel?  

Selanjutnya jika anda akan menggunakan media ini dalam pembelajaran di kelas, pertanyaan-pertanyaan seperti apa yang akan anda ajukan kepada siswa sehingga mereka memikirkan hubungan antara konsep kesetimbangan dengan konsep persamaan linier satu variabel? Tulislah pertanyaan-pertanyaan tersebut!

Setelah mengetahui beberapa pertanyaan yang mungkin anda ajukan kepada siswa,  pikirkan juga aktivitas yang akan dilakukan siswa dalam memanfaatkan media ini serta pada bagian mana anda akan menempatkannya dalam suatu pertemuan pembelajaran sistem persamaan linier satu variabel.  Bila memungkinkan, bahaslah semua ini bersama teman sejawat anda baik yang ada di Sekolah maupun yang ada dalam grup komunitas ELPSA.

 

 

.

....