Melukis Segitiga Berdasarkan Sisi-Sudut-Sisi

Media berikut merupakan sarana guru untuk membelajarkan siswa dalam mengonstruksi/melukis suatu segitiga berdasarkan sisi-sudut-sisi. Media dirancang dengan memanfaatkan GeoGebra dan dapat dioperasikan langsung di halaman ini.

Selain guru, siswa juga dimungkinkan untuk belajar mandiri melalui media ini. Guru dapat menggunakan urutan kegiatan yang tertera pada tab instruksi. Tab Eksplorasi juga dapat dimanfaatkan Guru untuk memperkaya ide dalam membuat variasi kegiatan bagi siswa yang mungkin memiliki kemampuan di atas rata-rata, supaya dapat tetap terlibat dalam aktivitas di kelas.

Secara manual, berikut merupakan langkah-langkah melukis segitiga berdasarkan  panjang 2 sisi dan ukuran sudut yang diketahui :

  1. Buat ruas garis PQ dengan panjang 5 cm dengan menggunakan penggaris
  2. Dari titik P buat sudut yang besarnya 70o dengan menggunakan busur derajat
  3. Dengan pusat titik P, buat busur lingkaran dengan panjang jari-jari 4 cm dengan menggunakan jangka sehingga berpotongan di titik R.
  4. Menghubungkan titik Q dan R sehingga terbentuk segitiga PQR

Dengan menggunakan Media dinamis ini, guru diharapkan dapat lebih leluasa mengembangkan aktivitas yang lebih berbobot, misalkan :

  1. Guru menyajikan media, langkah per langkah
  2. Siswa (berkelompok) diminta untuk mengamati dan menuangkan kembali langkah yang ditampilkan dalam bentuk tulisan
  3. Untuk memastikan ketepatan langkah tertulis yang dibuat setiap kelompok, berikan kesempatan pada mereka untuk saling bertukar hasil, atau bisa juga didiskusikan bersama di depan kelas
  4. setelah itu, setiap siswa dapat diminta untuk melukis dengan langkah yang sama, dengan ukuran ruas garis dan sudut yang mereka tentukan sendiri
  5. Minta siswa untuk menyimpulkan kegiatan tersebut
  6. Berikan kesempatan pada siswa untuk mengemukakan ide langkah lain untuk melukis segitiga dengan tiga komponen yang telah diketahui tersebut (Sisi-Sudut-Sisi)

Dengan menggunakan media dinamis ini, Guru sebenarnya dapat mengajak siswa bermain berpasangan. Seorang siswa diperlihatkan langkah melukis segitiga satu-persatu. Siswa tersebut harus membahasakan setiap langkah yang dilihatnya pada pasangannya. Pasangannya haruslah menjalankan langkah yang didapatkan (secara verbal) dari kawannya, yaitu melukiskan segitiga di papan tulis.

Kegiatan ini dapat mengasah kemampuan spasial siswa, karena mereka diharapkan mampu menerjemahkan informasi verbal ke tampilan gambar. Guru nantinya dapat mengajak siswa untuk mengonfirmasi gambar segitiga yang dihasilkan. 

Alternatif kegiatan eksplorasi lainnya adalah meminta siswa untuk menemukan kemungkinan segitiga lain yang dapat dilukis dengan komponen tersebut.